Sabtu, 08 Desember 2012

PESONA SHODAQOH


PESONA SHODAQOH
OLEH
MAHSAN, SHI
Shodaqoh, mungkin kata-kata ini sudah tidak asing lagi dari pendengaran telinga kita. Sebuah kata-kata yang cukup singkat, indah dan begitu mudah di ucapkan dan sangat ringan untuk dilaksanakan namun begitu besar pesona dibalik shodaqoh.
Pada era modern seperti saat ini yang semua serba instant dan cepat, banyak orang yang berambisi agar dapat segera kaya dan sukses dengan melakukan berbagai macam usaha. Banyak yang melakukan dengan cara-cara yang melanggar aturan syariat islam (seperti : menipu, merampok dan bahkan mengambil pesugihan). Padahal di dalam islam telah diajarkan agar kita sebagai umat islam bisa kaya dan sukses (tentunya dengan berusaha dan berdoa). Salah satu jalan tercepat agar kaya dan sukses dengan ber SHODAQOH.
Shodaqoh merupakan wasilah/jalan agar kita bisa sukses dan kaya baik di dunia dan akhirat.Kadang kita berpikir dengan akal kita, kok bisa dengan shodaqoh (mengeluarkan duit) kita bisa kaya seharusnya kalo harta kita berkurang kita khan justru bertambah miskin. Memang kalo kita berpikir dengan akal kita, kita sering berpendapat berbeda dengan firman dan ketetapan Alloh SWT.
Adapaun dalil – dalil dengan shodaqoh kita justru tidak kekurangan harta benda :
Hadist Rosululloh SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim :
“ Harta itu tidak akan berkurang karena disedekahkan “
“ Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Alloh SWT, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Alloh) maka Alloh akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak dan Alloh menyempitkan dan melapangkan rizki dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan “ (Qs. Al baqoroh 245)
“ Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Alloh kepadanya. Alloh tidak akan memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedaar apa yang Alloh berikan kepadanya. Alloh kelak akan memberikan kelapangan sesudadh kesempitan” (qs. Ath Tholaq 07)
Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain. (HR. Ahmad)
Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sodaqoh. (HR. Al-Baihaqi)

Allah Tabaraka wata’ala berfirman (di dalam hadits Qudsi): “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” (HR. Muslim)

            Keutamaan tentang shadaah sudah sama-sama kita pahami. Betapa banyaknya firman Allah swT yang mengupas keutamaan tentang shadaqah dan banyaknya hadits yang mengungkapkan afdhalnya shadaqah.

Salah satu keutamaan yang perlu kita ingat kembali tentang shadaqah adalah bahwa shadaqah yang kita keluarkan dapat mendatangkan rezeki kepada orang yang mengeluarkan shdaqah tersebut.

            Lihat beberapa hadits di atas, bahwa Allah Swt akan menurunkan atau mendatangkan rezeki kepada orang yang mau mengeluarkan shadaqah. Atau Allah SwT dalam sebuah hadits qudsi di atas akan memberikan nafkah kepad manusia, tetapi dengan catatan bahwa manusia mau menginfakkan harta yang mereka dapatkan. Begitupula dengan pernyataan dari Khalifah Ali bin Abi Thalib tentang shadaqah, ia menyatakan, “Pancinglah rezeki dengan shadaqah.”
            Jadi apabila kita masih merasa kekurangan maka perbanyaklah bershodaqoh karena dengan shodaqoh kita akan diluaskan rezeki oleh Alloh Swt. Dan apabila kita mengaku sebagai orang muslim maka kita harus PERCAYA TERHADAP JANJI ALLOH SWT. Dan apakah kita bisa disebut muslim apabila kita masih belum benar – benar percaya terhadap janji Alloh SWT (padahal Alloh maha Benar)???.
Mari kita saling membantu saudara – saudara kita yang masih hidup jauh di garis kemiskinan. Dan mudah-mudahan kita selalu diberi keluasan rizki yang barokah oleh Alloh SWT. Amin.

             Begitu dahsyatnya shadaqah, sehingga mampu memberikan atau mendatangkan rezeki kepada orang yang mau mengeluarkan shadaqah dengan ikhlas. Inilah satu dari sekian manfaat shadaqah. Semoga Allah Swt slalu memberikan yang terbaik kepda kita semua. Amiiin. Wallaahu a’alm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar